Senin, 16 November 2020

Mengenal atap bitumen; pilihan genteng kekinian

Seiring dengan maraknya penggunaan rangka baja sebagai pengganti rangka kayu yang mudah lapuk, genteng aspal mulai banyak dilirik sebagai material penutup atap. Aspal adalah bahan hidrokarbon yang bersifat melekat, berwarna hitam kecoklatan, tahan terhadap air, dan viskoelastis. Material ini memang terbilang cukup mahal dibanding harga genteng keramik, namun harga yang dibayarkan pastinya sebanding dengan kualitas produknya yang tahan lama. Berikut adalah keuntungan menggunakan genteng aspal;


1. Usia produk tahan lama 

Material aspal yang bersifat melekat dan tahan air yang ada pada jenis genteng ini memperpanjang usia pakai produknya. Aspal mampu mengikat komponen campurannya dengan baik dan mempertahankan komponen tersebut agar tetap berada pada tempatnya.

Tak heran banyaknya produsen yang berani memberi garansi hingga puluhan tahun. Siapa
yang mampu menggaransi produknya hingga 30 tahun? Dapat dipastikan hanya produsen genteng aspal yang berani. Sebaiknya pilihlah produk genteng aspal yang juga menggaransi kelunturan warna atap.



2. Ringan namun kokoh

Meski dibuat dengan campuran aspal, bobot genteng ini terbilang ringan. Faktor ini membuat banyak rumah dengan rangka baja memilih bitumen sebagai penutup atapnya. Genteng jenis bitumen kuat dalam berbagai aspek; tahan api, anti korosi, dan tak mudah lapuk. Anda tak perlu lagi khawatir soal atap rumah meski diterjang panas terik dan hujan badai.


3. Desain variatif

Genteng aspal hadir dalam berbagai pilihan pola, mulai dari standar 3 -Tab desain, hexagonal, maupun bentuk irregular yang terlihat tak biasa. Pengguna tinggal menyesuaikan desain seperti apa yang akan digunakan untuk menonjolkan karakter bangunannya. Tak seperti genteng keramik, metal ataupun tanah liat yang memiliki bentuk kaku, desain genteng aspal cenderung lebih fleksibel. Bentuk genteng yang berupa lembaran membuatnya lebih mudah mengikuti desain medianya, berapapun luas dan kemiringannya. Hal ini membuat pengguna bisa lebih kreatif menentukan desain atap rumah tanpa mengkhawatirkan penutup atapnya akan terlepas.



Add Comments


EmoticonEmoticon