Selasa, 02 Juni 2020

Berada di Sulawesi Selatan, Berbatasan dengan 7 Kota, Namun Tidak Memiliki Pantai


Kantor Bupati Gowa (dpmdgowa), Kab. Gowa, Sulawesi Selatan

Rumah Jabatan Bupati Gowa, Kab. Gowa, Sulawesi

 

Kabupaten Gowa terletak di bagian selatan provinsi Sulawesi Selatan dan berbatasan dengan 7 kabupaten/kota lain. Kabupaten ini memiliki Ibu kota Sungguminasa, tingkat kepanasan tempratur relatif rendah dan didominasi dataran tinggi atau perbukitan. Tidak memiliki pantai, melainkan di Pemda Gowa terdapat benteng Somba Opu, peninggalan Kesultanan Gowa yang dibangun oleh Raja Gowa ke-9 Daeng Matanre Karaeng Tumapa'risi' Kallonna pada abad ke-16.

Kedua bangunan ini, Kantor Bupati Gowa dan Rumah Jabatan Bupati Gowa terletak di lokasi jalan yang berbeda namun gaya bangunannya tampak mirip sebagaimana arsitektur khas Gowa Sulawesi Selatan. Kantor Bupati Gowa dapat dibilang merupakan bangunan yang luas, dan memiliki ruang terbuka hijau di bagian tengah bangunan. Sedangkan pada bangunan Rumah Jabatan Bupati Gowa memiliki gaya arsitektur yang mirip namun berskala lebih kecil.

Pada sistem atap, bangunan ini memiliki dua sudut yang berbeda namun sama-sama menggunakan genteng aspal CTI berwarna merah (Red) karena menyesuaikan dengan kondisi bangunan sekitar atau disebut arsitektur kontekstual dan preservasi karena bangunan ini sudah berdiri cukup lama. Hingga saat ini, atap bangunan ini tetap kokoh dan tidak ada keluhan bocor atau lainnya kepada kami.

 

Kantor Bupati Gowa (dpmdgowa) dan Rumah Jabatan Bupati Gowa (Rujab Bupati Gowa)

dpmdgowa: Jl. Mesjid Raya, Sungguminasa, Kec. Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan

Rujab Bupati Gowa: Tombolo, Kec. Somba Opu, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan

CT3 Red


Add Comments


EmoticonEmoticon